Sabtu, 12 Juli 2008

Kesamaan dan Perbedaan Menurut Gue

Menurut gue, kita nggak harus punya banyak kesamaan, biar kita bisa cocok sama orang. Emang sih gue akuin, similarity is important. Tapi kalo terlalu sama juga bosen kan ? Coba pikir deh, kalo kita sama cowok kita sama-sama suka (yah, yang ini mah penting..), bukan, kalo cowok kita dan kita sama-sama suka jalan-jalan, sama-sama suka baca komik, sama-sama suka ngebrowse dan tau segala hal tentang internet. Awalnya sih enak, kita punya partner yang ngerti hal yang sama sama kita, punya sudut pandang yang sama dan cara pikir yang sama. Similarity ato kesamaan juga kadang punya suatu kekuatan untuk menyatukan dua orang.

Tapi nggak semua hal di dunia ini sama. Kalo urusan cinta-cintaan, sama dan nggak sama ini bisa diibaratin sama kayak sandal jepit. Kita kalo make sandal jepit, kita nyari yang bentuknya beda antara kiri dan kanan kan, biar bisa kita pake ? Nah, kalo urusan cinta-cintaan juga begitu, menurut gue. Tapi jangan langsung kita yang anak baik-baik pacaran sama gembong narkoba, Bandar judi, karena mengatas namakan ‘Berbeda Untuk Satu’. Itu mah, udah salah kaprah..

Sama-nggak-sama ini bisa lho, jadi pelengkap buat hidup kita. Contohnya, kalo kita orangnya pendiem, pacaran sama orang yang sama-sama pendiem juga. Ya elaaaaaahhhh…. lumutan lo berdua waktu lagi nge-date. Apalagi kalo kita yang rame, jadian sama yang rame juga. Widihhh… ramenyaaaaaaa… gak ketulungan kan jadi akhirnya berisik.

Dunia ini juga nggak butuh hal yang sama terus setiap harinya. Dunia butuh sesuatu yang BERBEDA. Sesuatu yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, suatu terobosan baru, suatu ide baru. Dan sesuatu yang berbeda itu ngebuat hal itu keliatan outstanding dan nggak basi.

Kita kalo ngeliat dua orang yang berbeda jadi satu juga lucu ngeliatnya. Kayak orang yang diem, sama yang bawel. Akhirnya yang diem juga mulai bisa membuka diri dan terangkat dari kebatuannya dan berekspresi, karena dia udah belajar caranya berekspresi dari si bawel yang secara nggak langsung udah ngajarin gimana caranya mengekspresikan kata-kata dan perasaan dari perbuatan-perbuatan yang dilakukan si bawel.

Karena perbedaan-perbedaan itulah semuanya jadi terlihat unik dan nggak biasa. Dan semuanya bisa membaur dengan sempurna. Coba deh liat pelangi. Semua warnanya beda-beda kan ? Mejikuhibiniu. Tapi jadinya indah, bagus, enak dipandang, kan ? Sama juga kayak perbedaan itu. Kita bisa belajar caranya bersosialisasi, menyesuaikan diri dengan beragam kepribadian dari segala macam perbedaan-perbedaan yang ada. Kayak, kalo kita tau tuh orang pemarah, kita nggak usah sengaja-sengaja maen api sama dia. Kita juga bisa mendapatkan sesuatu yang baru dari perbedaan—sudut pandang yang berbeda. Dari sudut pandang yang berbeda, kita bisa mengenal dan melihat dunia lebih jauh lagi dan mengetahui kenapa sebagian hal bisa begini sedangkan yang ini tidak. Dari dua sudut pandang yang berbeda bisa dihasilkan satu pikiran yang unik, enggak biasa, dan bisa disebut sebagai trendsetter, lho. Karena berpikir ‘out of the box’ dan hanya manusia-manusia yang berpikir dengan sudut pandang berbeda-lah yang bisa berpikir out of the box kayak gitu.

2 komentar:

Alex The Imagination mengatakan...

Iya Way...
Lu bener...
Setiap orang di dunia selalu ga cocok.Maksudnya ga cocok tuh ga sama.Misalnya ga sama - sama pendiem, ga sama - sama lebai, dll...
Makanya kalo lu cari pasangan, mendingan cari yang sifatnya berbeda dari lu...

Alex The Imagination mengatakan...

Wayan...
Yhanks buat posting lu yang satu ini.
Terutama yang lu menjelaskan tentang pelangi.
Berkat lu, gw bisa menjelaskannya juga ke teme-temen gw,dan bisa nambah ilmu gw.

hanks banget yah Way...